Sabtu, 13 Juni 2020

La Liga Dimulai, Akankah Barca Ambyar?




La Liga selekasnya diawali! Jum'at dini hari (12/06/2020), pertandingan kelas paling tinggi di Spanyol, La Liga Santander akan sah diawali kembali lagi, sesudah dihentikan semenjak Maret, berkaitan dengan perlakuan epidemic COVID-19 yang cukup kronis negeri itu.

Dalam periode kurang lebih sebulan 1/2, La Liga akan mengadakan tersisa laga yang terlambat. Pertandingan direncanakan untuk selesai pada 20 Juli 2020. 


Selama ini, team-team La Liga sudah memainkan 27 laga. Karena itu tersisa 11 laga akan dituntaskan dalam sebulan 1/2. Wow, mengagumkan padat.

Umumnya, satu team akan jalani 4-5 laga dalam sebulan. Dengan perincian, satu laga liga di setiap akhir minggu, serta kadang satu ditengah-tengah minggu untuk team yang bermain di eropa atau pertandingan lokal seumpama Copa del Rey.

Dengan agenda seperti saat ini, karena itu tiap team akan bermain 5 kali pada bulan Juni, serta 6 kali pada bulan Juli. Belum hitung pertandingan Liga Champion serta Copa del Rey yang sampai saat ini belumlah ada ketetapan kapan akan diawali kembali lagi.

Hal yang sangat dicemaskan dari agenda yang padat ialah cedera mengawasi. Bermain tiap 3 hari akan tingkatkan risiko pemain untuk cedera. Ditambah lagi jika yang cedera ialah pemain kunci. Dapat kalut!

Karena itu, mulus tidaknya satu team lewat agenda padat akan tergantung pada kepiawaian pelatih untuk mengendalikan menit bermain beberapa punggawanya.

Bagaimana pimpinan klassemen, FC Barcelona, jaga irama ke arah titel juara dengan agenda padat ala musim panemi? Kemungkinan semakin persisnya, bagaimana Barca jaga si bintang, Lionel Messi supaya tidak cedera, sekaligus juga jaga peluang juara.

Jumlah pemain team penting Barca sekarang ini ialah 20 pemain (banding dengan si lawan, Madrid, yang mendaftar 25 pemain inti). Termasuk tipis, dari angka 25 pemain yang umumnya jadi standard. Angka itu telah menyusut dengan lukanya Ousmane Dembele (cedera hamstring, diperkirakan sembuh Agustus 2020).

Tersisa 19 pemain, cuma ada lima striker (Lionel Messi, Luis Suarez, Antoine Griezmann, Martin Braithwaite serta Ansu Fati). Mengingat rutinitas Barca bermain dengan tiga striker, karena itu kehadiran lima striker, termasuk juga didalamnya satu striker minim pengalaman (Fati), serta satu pemain yang baru masuk pada musim dingin (Braithwaite), Quique Setien pasti pusing jaga kapal supaya tidak oleng.

Jika ditelaah semakin dalam, ketergantungan Barca pada Messi tinggi sekali. Statistic tidak bohong. El Mesiah pimpin daftar pemain Barca dari faktor rating (8.34), gol (19), assist (12) serta penciptaan kesempatan (22). 

Untuk perbandingan, Luis Suarez ialah nama selanjutnya dari faktor rating (7.34), gol (11), serta assist (7). Griezmann temani untuk penciptaan kesempatan (7).

Angka yang cukup jomplang memperlihatkan ketergantungan tingkat dewa Azulgrana pada Messi. Apa yang terjadi jika si kapten dihajar luka dalam agenda yang padat nanti? Ambyar kah?

Messi ialah alien. Dengan style bermain yang condong cepat, banyak dribel, serta kemampuan tinggi, bebas dari luka kronis ialah keajaiban. Sejauh ini, Leo Messi memang masih kurang dekat dengan ruangan perawatan.

Cedera-cidera sedikit memang sempat, tetapi tidak membuat dia mangkir lama dari lapangan rumput. Kemungkinan kisah luka yang sangat kronis berada di musim 2006/2007. Saat itu Messi menepi semasa tiga bulan, sesudah luka pada partai menantang Real Zaragoza.

Untuk pemain kunci, wajar jika Messi jadi target tekel keras mengarah kasar untuk menghentikannya. Tetapi saat ini, rintangan buat fisik Messi ada dua, musuh serta agenda padat.

Mengingat Messi akan mencapai umur 33 tahun pada 24 Juni kelak, kemungkinan Barca perlu berdoa supaya Messi lolos dari agenda padat dengan bebas luka. Dengan demikian, kemungkinan Messi betul-betul alien, serta Barca tidak jadi ambyar.
Share:
Lokasi: Indonesia

Copyright © Berita Bola | Powered by Blogger
Design by SimpleWpThemes | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com